Pusat Pelatihan Persuasi dan Hipnoterapi - Jeffry Gitomer, penulis buku Sales Bible, pernah membagikan tips-nya dalam hal komunikasi persuasif pada klien atau customer Anda. 

1. Don’t argue with me.
Customer Anda, siapa pun mereka, punya kecenderungan tidak suka didebat. Dengan begitu, tidak perlu lah kita mendebat apa yang disampaikan dan atau bagaimana sikap customer terhadap sesuatu. Bahkan pada saat yang barangkali Anda sedang bersebrangan pendapat dengan mereka.

2. Don’t confuse me.
Customer manapun tidak akan merasa nyaman saat dirinya binggung. So, bantu mereka keluar dari zona binggung tersebut. Kalo dalam hal memberikan opsi penawaran, jangan kau sodorkan terlalu banyak penawaran di saat yang bersamaan. Hal itu akan cenderung membuat mereka bingung.

3. Don’t tell me negative things.
Cobalah untuk menghindari pengungkapan hal-hal negatif pada customer Anda, terlebih lagi yang terkait langsung dengan diri mereka. Jadilah orang yang supportive bagi mereka. Bengun kesan bahwa Anda selalu siap mendukung apapun pilihan mereka.



4. Don’t talk down to me.
Seperti apapun kualifikasi dan performa customer Anda, jangan pernah merendahkan mereka. Namun sebaliknya, alangkah baiknya jika kau bermurah hati untuk memuji dan menyanjung mereka.. namun juga jangan sampai berlebihan.. karena akan justru terkesan tidak tulus.


5. Don’t tell me what I bought or did is wrong.
Jangan pernah menyalahkan keputusan mereka dalam membeli. Sekali lagi, latih diri Anda agar selalu bisa supportive bagi customer Anda. 

Kenali apa kemauan customer Anda, hadapi mereka dengan bijak dan cerdik. Ingat, performansi yang baik dimulai dari attitude yang positif. Bagaimana pun sebuah upaya komunikasi yang persuasif juga harus dibangun dari sikap yang positif.